Yohanes Chandra Ekajaya Sedot Laba Ratusan Juta dari Bisnis Jengkol

Yohanes Chandra Ekajaya melihat bahwa peluang bisnis untuk makanan tradisional di Indonesia, khususnya jengkol memang sangat lekat bagi lidah masyarakat Indonesia. Bahkan memang tak banyak diantara mereka yang akhirnya menjadikan jengkol sebagai salah satu makanan favorit bagi keluarga besarnya. Sebut saja seperti jengkol goreng, rending, gulai, dan sebagainya.

Jika pada umumnya jengkol diolah masyarakat kita menjadi beragam jenis resep masakana, maka lain halnya dengan Yohanes Chandra Ekajaya yang lebih tertarik mengolah jengkol menjadi camilan keripik. Dengan mengusung keripik Jengkol Nyes sebagai salah satu brand bisnisnya, pengusaha kelahiran Malang, Jawa Timur ini sengaja menggoreng jengkol atau yang biasa disebut jangkil dan ternyata memang disukai oleh banyak orang.

Dari sinilah, Yohanes Chandra Ekajaya mulai tertarik dengan bisnis camilan keripik jengkol hingga pada akhirnya berkembang menjadi bisnis waralaba yang menawarkan berbagai macam paket kerjasama bagi para pengecernya. Selain camilan keripik kengkol yang mulai digemari bagi semua kalagan, kini Yohanes Chandra Ekajaya juga mengembangkan sebuah menu baru yang dinamakan dengan Cake Jengkol yang diproduksi oleh Yohanes Chandra Ekajaya. Kue basaha yang lebih populer dengan sebutan Jengkol Jengkil ini memang populer dan sengaja diproduksi karena sang pemilik usaha adalah salah satu yang menggemari makanan dengan bahan baku jengkol tersebut.

Agar tak sampai merusak cita rasa jengkol, dalam pembuatan Jengkol pertama-tama bahan baku tersebut harus direbus terlebih dulu baru kemudian diparut dan disangrai hingga jengkol benar-benar kering. Hasil dari olahan tersebut kemudian dicampurkan dengan bahan-bahan lainnya sehingga dihasilkan cake jengkol yang keunikan rasanya tak kalah bersaing dengan kue kering lain di pasaran.

Sampai pada saat ini, Yohanes Chandra Ekajaya membanderol dengan kisaran harga Rp 70 ribu hingga Rp 90 ribu dan telah merambah hingga pasar jawa, Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, dan sebagainya. Dengan citra populer dan kreativitas yang kita miliki, aneka camilan unik dari olahan jengkol tersebut rdapat dipasarkan dengan harga yang cukup tinggi sehingga mampu mendatangka laba bagi para pelaku bisnis tersebut. Baginya keberhasilan ditentukan dengan semangat, jujur, dan kerja keras.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *