Yohanes Chandra Ekajaya Loster Kayu Makin Digemari

Penggunaan loster kayu makin gemari. Sebab, tidak hanya berfungsi sebagai lubang angin semata tetapi kini telah berkembang sebagai pelengkap eksterior rumah sehingga rumah semakin indah dipandang serta menjadikan nyaman untuk ditempati. Adalah para perajin loster dari Desa Kertanegara, Kecamatan Haurgeulis yang membuat salah satu praktisi bangunan rumah pada bagian atas pintu maupun jendela ini tetap diminati.

Kerajian loster kayu ini mempunyai desain serta ukuran. Desainnya bervariatif, ada yang minimalis atau diselaraskan dengan minat atau tren rumah di saat ini. Ada juga bermotif klasik seperti motif aneka kembang.

“Harganya juga sangat terjangkau,” ujar Yohanes Chandra Ekajaya, salah seorang perajin loster. Untuk loster kayu berbahan kayu jati ukuran 20 cm persegi, perajin biasanya mematok harga sekitar Rp9.000 per unit. Sedangkan bahan kayu mahoni berkisar Rp7.500/unit dengan ukuran yang sama.

Ada pula konsumen yang memesan secara khusus dengan ukuran panjang dan lebar bervariasi. Biasanya menyesuaikan dengan ukuran kusen pintu atau jendela. “Tentu harganya berbeda lagi. Tapi kalau soal motif, tidak kalah dengan buatan daerah lain,” kata Yohanes Chandra Ekajaya.

Yohanes Chandra Ekajaya menjelaskan, untuk proses pembuatannya menggunakan atau memanfaatkan limbah dari berbagai jenis kayu. Umumnya kayu jati dan mahoni.

“Sekalipun ini kerajinan yang memanfaatkan bahan limbah tetapi kualitasnya tetap lebih unggul dari pada loster berbahan baku lainnya seperti dari tanah liat, keramik, beton, GRC atau besi,” jelas dia.

Secara fungsional, loster merupakan elemen sirkulasi udara atau penghawaan pada bangunan. Pemasangan loster biasanya diletakkan di atas pintu atau jendela, supaya fungsi loster sebagai ventilasi ruangan bisa lebih baik.

Selain peminat dari Indonesia, ternyata loster juga sudah mulai dilirik oleh berbagai negara, khususnya negara-negara Asia dan Eropa. Bentuk loster saat ini sangat bervariasi, karena sebagian peminat loster dari luar negeri ini sangat suka dengan model klasik dan unik Yohanes Chandra Ekajaya pun memang mengkhususkan pembuatan loster ini khusus dari kayu.

Di negara tetangga kita Malaysia, dan beberapa negara Eropa seperti Prancis dan Inggris, kerajinan loster dari kayu ini bernilai sangat tinggi, bahkan loster-loster asli Indonesia ini dipakai di beberapa gedung-gedung penting di negara itu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *