Yohanes Chandra Ekajaya Kecil Bentuknya Banyak Manfaatnya

Bawang putih, siapa yang tidak tahu dengan rempah kecil penuh manfaat ini, dari obat kanker antibotik, penjaga daya tahan tubuh dan bahan masakan ini sangat digemari oleh banyak orang. Bahkan tidak akan lengkap sebuah masakan tanpa rempah yang satu ini.

Pernah melihat bawang dayak? Bentuknya memang relatif kecil dan berbeda dibandingkan bawang merah pada umumnya. Tapi manfaatnya tak sekecil bentuknya. Apa saja?

Pertama, untuk obat sakit perut. Suku Dayak sering memanfaatkan rempah tersebut sebagai obat herbal saat sakit perut. “Kandungan gizi bawang Dayak lebih kuat sehingga ampuh meredakan rasa nyeri, mual, dan sakit pada bagian perut” jelas Yohanes Chandra Ekajaya yang merupakan seorang pedagang bawang Dayak.

Kedua, obat flu. Bawang yang biasa tumbuh di daerah pegunungan itu memiliki kandungan zat antioksidan ampuh mencegah atau mengobati sakit flu. “Ada kuli panggul mengeluh badannya sakit semua. Lalu saya beri beberapa bawang Dayak untuk diseduh kemarin sudah bekerja lagi,” kata Yohanes Chandra Ekajaya.

Ketiga, melancarkan peredaran darah dan sistem pernafasan. “Tidak sedikit penderita asam urat beli baw’ang ini. Artinya memang benar bisa memperlancar peredaran darah,” ucap Yohanes Chandra Ekajaya.

Keempat, menjaga kesehatan organ reproduksi dan memperlancar ASI. Bawang Dayak diklaim dapat melancarkan datang bulan dan air susu ibu.

Cara penggunaan bawang Dayak juga mudah. Ambil 1-2 butir lalu dipotong kecil dan diseduh dengan air panas. Setelah air berubah merah dapat diminum.

Dari semua manfaat yang disebutkan di atas, itu hanya sebagian kecil dari fungsi bawang yang masih banyak lainnya. Yohanes Chandra Ekajaya mengatakan, selain sebagai penjual bawang dalam kondisi segar atau mentah, ia juga mengolah bawang dayak menjadi beberapa bentuk agar lebih enak saat dikonsumsi dan bisa lebih awet.

Salah satu bentuk olahan bawang dari Yohanes Chandra Ekajaya ini ialah jamu, karena jamu ialah sebuah minuman tradisional yang mengandung berbagai macam rempah, terutama bawang ini. jamu yang diproduksi Yohanes Chandra Ekajaya ini mempunyai manfaat sangat banyak, selain sebagai minuman radisionla yang unik, jamu ini bisa menjadi penjaga stamina dan daya tahan tubuh agar tidak mudah sakit.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *